Galeri, Pramuka

Kegiatan Jelajah dan Kunjungan ke Museum Brawijaya

Pada hari Sabtu, 10 November 2018 lalu, bertepatan dengan Hari Pahlawan, adik-adik Pramuka Kelas 7 melakukan kegiatan jelajah dan kunjungan ke Museum Brawijaya kota Malang.

Di hari yang istimewa tersebut, adik-adik Pramuka Kelas 7 mengikuti kegiatan penjelajahan menuju ke Museum Brawijaya. Penjelajahan melalui rute yaitu melewati perkampungan penduduk di sekitaran sungai Metro yang terletak di belakang kampus Cor Jesu, kemudian melewati pasar Oro-oro Dowo menuju ke hutan kota Malabar.

Di hutan kota tersebut, adik-adik beristirahat sambil menikmati segarnya udara di sana. Kak Dion tidak lupa mengajak adik-adik untuk beryel-yel “Wo wo wo wo, ye ye ye ye… SOS Josss!” Adik-adik Kelas 7 tidak sendiri saat mengikuti kegiatan jelajah ini karena kakak-kakak Dewan Galang juga ikut mendampingi mereka.

Setelah beristirahat sejenak di hutan Malabar, jelajah kemudian dilanjutkan menuju jalan Ijen. Jalan ikonik di kota Malang ini cukup padat dengan kendaraan, namun adik-adik dapat menyeberang dengan tertib dan cepat. Setelah melewati jalan Ijen sampailah rombongan di Museum Brawijaya. Suasana di museum sangat ramai karena bertepatan dengan Hari Pahlawan, banyak rombongan dari sekolah-sekolah lain yang juga melakukan kunjungan ke museum Brawijaya.

Setelah menerima sedikit arahan dari Kak Edo dan Kak Dion tentang hal-hal yang harus dilakukan di dalam museum, secara tertib adik-adik masuk ke dalam museum. Di dalam museum, Kak Edo sejenak mengajak adik-adik untuk melakukan tepuk beat. Ada yang sudah hafal dengan tepukan-tepukan itu tapi banyak juga yang masih berusaha mengingat-ingat.

Selanjutnya pihak museum memberikan penjelasan tentang sejarah dan latar belakang didirikannya museum Brawijaya. Adik-adik mendengarkan dengan seksama, dan membuat catatan-catatan. Setelah itu mereka berkeliling museum untuk melihat dan mengamati foto-foto serta benda-benda koleksi museum.

Kegiatan jelajah dan kunjungan diakhiri dengan apel di lantai atas museum. Dalam pesannya, Kak Louis mengingatkan adik-adik Pramuka untuk mensyukuri kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

Sampai bertemu di kegiatan Pramuka berikutnya! Salam Pramuka!