OSIS

Latihan Dasar Kepemimpinan 2017-2018

Masih ingatkah kalian tentang pelantikan pengurus OSIS periode 2017/2018 pada tanggal 3 Februari lalu? Partai yang berhasil kali ini adalah partai 1 yang diketuai oleh Axela dan diwakili oleh Elok.

Sebelum pelantikan pengurus OSIS pada tanggal 3 Februari, mereka mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK ). Apa itu LDK?  LDK adalah kegiatan pembekalan bagi mereka yang telah lulus seleksi pengurus OSIS. LDK dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 12-14 Januari 2017. Kegiatan ini bertujuan melatih para pengurus OSIS agar bisa menjadi pemimpin yang baik, disiplin, kreatif, dan bertanggung jawab.

Di hari pertama, pada tanggal 12 Januari 2017, mereka mempelajari bagaimana cara merencanakan sebuah program. Mulai dari program apa yang akan dilaksanakan, menyusun jadwal/rundown,  berapa biaya yang diperlukan, dan kebutuhan apa saja yang diperlukan.

Di hari kedua, pada tanggal 13 Januari 2017, mereka mempelajari bagaimana menjadi pengurus OSIS yang disiplin.

Di hari ketiga, pada tanggal 14 Januari 2017, mereka berolahraga bersama yaitu jalan sehat menuju alun-alun, bermain sebuah permainan bagaimana pentingnya menjadi seorang pemimpin, latihan baris-berbaris, dan menuliskan bidang/peran yang diinginkan bila nantinya sudah menjadi pengurus OSIS.

Setelah itu, Bu Caecil membacakan calon ketua dan wakil ketua serta anggota-anggota partai. Partai ini dibagi menjadi dua yaitu partai 1 bernama Universal dan partai 2 bernama BSST. Masing-masing partai bekerja sama membuat program yang menarik, meakukan kegiatan interpreneurship, dan membuat poster partai. Semua kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kampanye yang dilaksanakan dari tanggal 16-27 Januari 2017.

Sampai akhirnya pada tanggal 30 Januari, kedua partai ini mempromosikan/mempresentasikan program-program yang mereka susun kepada semua warga SMPK Cor Jesu. Kegiatan ini disebut orasi. Setelah presentasi selesai semua warga SMPK Cor Jesu memilih calon ketua dan wakil ketua yang sesuai dengan hak mereka. Perolehan suara dimenangkan oleh partai 1 yaitu sebanyak 263 suara.